excavator-sumitomo

Excavator – Mengenal Lebih Detil

Excavator, kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Excavator, bahkan mungkin salahsatu dari kita bersentuhan langsung dengan alat berat yang satu ini.

Excavator banyak digunakan untuk proyek – proyek pertambangan, irigasi pengurugan dan lain – lain banyak sekali pekerjaan yang membutuhkan sarana yang sudah tidak asing lagi di masyarakat ini. satu pekerjaan berat yang dikerjakan dengan tangan manusia bisa memakan waktu berhari hari – hari atau mungkin berbulan – bulan, namun jika menggunakan excavator pekerjaan akan menjadi sangat cepat dan lebih akurat

Suatu pekerjaan berat bila dikerjakan dengan tangan manusia tentunya akan memkan waktu sangat lama, bahkan mungkin tidak mungkin dilakukan oleh manusia tanpa bantuan alat berat. Sebaliknya pekerjaan akan sangat cepat dikerjakan bila menggunakan alat berat.

Salahsatu contoh, mungkin pekerjaan membuka hutan untuk di buat sawah, ribuan hektar hutan masyarakat, dalam waktu sangat singkat dapat terselesaikan dengan dengan cepat dan sangat rapih, tidak terbayangkan jika membuka hutan seluas ribun hektar diubah menjadi sawah jika itu dikerjakan oleh hanya tangan manusia tanpa bantuan alat yang memadai, rasanya tidak mungkin dilakukan.

Excavator sendiri terdiri dari beberapa jenis dan type, paling tidak excavator yang sering digunakan di proyek – proyek ada 6 jenis, semua memiliki fungsi masing – masing, dan juga berbeda – beda kebihan dan kekurangannya,

Jenis excavator yang paling umum adalah crawler, excavator dragline, excavator hisap, skid steer, dan excavator jangkauan panjang. Kami akan membahas beberapa jenis excavator yang tepat untuk proyek anda.

Jika anda melaksanakan proyek penggalian dan pengeboran maka lebih pas anda menggunakan excavator yang lebih kecil, dan jika project anda masuk dalam kategori proyek berat maka sebaiknya gunakan excavator dengan ukuran yang lebih besar. Selain itu pertimbangkan juga lokasi proyek,countur lahan dan kondisi lapangan

Bagian – Bagian dari Excavator yang perlu diketahui

Excavator dirancang sedemikian rupa, sehingga memungkinkan peralatan konstruksi ini Memiliki kemampuan dan kehandalan di segala medan, baik sedang maupun berat. Bebrapa bagian dari excavator yang perlu diketahui diantaranya : bucket, Silinder hidrolik, boom, lengan, cabin, track dan kelengkapan lainya memiliki fungsi masing – masing, seperti penggalian dan penahanan, sementara Ruang kontrol pengemudi untuk mengarahkan excavator. Platform dan roda berputar meningkatkan mobilitas yang diperlukan untuk mengangkat dan membersihkan puing-puing dari lokasi kerja.

Excavator memiliki berbagai kelengkapan hidrolik yang memiliki fungsi yang berbeda. Selain bucket, kelengkapan umum lainnya termasuk auger, breaker, grapple, auger, lamp, dan quick coupler. Dan sebagainya.

  • Bucket

adalah kelengkapan yang paling umum terlihat pada excavator. Kelengkapan yang terbuat dari baja ini memiliki tepi seperti gigi yang dapat meningkatkan kemampuan menggali dan meraup. Bucket terdiri dari beberapa macam dan jenis dengan berbagai fungsi berbeda. Yang paling umum adalah Ripper bucket yang dirancang untuk mengangkat batu dan bucket parit, yang digunakan untuk menggali parit.

  • Auger

Auger adalah kelengkapan yang memungkinkan Anda untuk masuk ke tanah. Didukung oleh sirkuit hidrolik, kelengkapan heliks ini memiliki kemampuan untuk mencapai objek dan mengebor lubang dalam. Augers memiliki spesifikasi dan ukuran yang berbeda untuk berbagai kondisi penggalian dan medan – mereka berkisar dari 4 inci hingga 50 inci panjangnya dan dapat menggali hingga 32 kaki.

  • Breaker

Breaker mirip dengan jackhammers tetapi ukurannya jauh lebih besar. Dengan kemampuan untuk menyuplay hingga 1000 pon energi, kelengkapan ini digunakan untuk bekerja pada permukaan yang lebih keras seperti batu dan beton.

  • Jepit Klem

memungkinkan operator excavator untuk mengambil bahan besar seperti tunggul pohon dan beton yang terlalu besar untuk bucket. Kelengkapan alat ini dapat digunakan untuk menggantikan bucket atau sebagai alat pemotong. Klem mudah dipasang dan di lepas secara bergantian dengan kelengkapan lainya dari excavator.

  • Coupler

Couplers memungkinkan Anda untuk dengan cepat beralih antara alat dan kelengkapan tanpa kru. Ini berguna ketika Anda bergerak di antara tugas dan proses yang berbeda di siteplan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *