jenis-jenis-excavator

6 Jenis Excavator – Kegunaan dan Perbedaannya

Ketika Anda perlu mengangkat tanah dalam jumlah besar, excavator adalah suatu keharusan untuk pekerjaan Anda. Excavator adalah kendaraan proyek yang sudah populer yang menampilkan bucket, lengan, cabin berputar, dan bergerak menggunakan track.

Komponen-komponen ini menghasilkan daya yang extra untuk pekerjaan penggalian dan mobilitas yang handal, memungkinkan alat berat ini untuk melakukan berbagai fungsi, mulai dari menggali parit dan memecahkan lubang hingga mengangkat limbah dan menggali tambang.

Untuk apa excavator digunakan? Excavator diterapkan pada berbagai kebutuhan kontraktor dan industri, termasuk pertambangan, konstruksi jalan, konstruksi bangunan, dan pembongkaran.

Ada banyak jenis excavator, mesin yang lebih kecil menangani fungsi penggalian dan pengeboran, sementara excavator yang lebih besar memiliki alat yang berbeda untuk proyek pekerjaan berat. Saat menyewa excavator, Anda mestinya mempertimbangkan ukuran dan kecepatannya serta kondisi lapangan, seperti luasan area dan jenis lahan serta contur lahan.

Jenis excavator yang paling umum adalah crawler, excavator dragline, excavator hisap, skid steer, dan excavator jangkauan panjang. Kami akan membahas beberapa jenis excavator yang tepat untuk proyek anda.

Excavator Crawler

Tidak seperti excavator besar lainnya yang berjalan di atas roda, crawler berjalan di dua trek besar, crawler sering digunakan dalam pertambangan dan pekerjaan konstruksi berat. Juga dikenal sebagai compact excavator, excavator ini menggunakan mekanisme daya hidrolik untuk mengangkat puing-puing berat dan tanah.

Sistem roda rantai mereka memungkinkan mereka untuk meluncur ke bawah dan skala bukit dengan risiko lebih kecil, membuat mereka cocok untuk berjalan pada daerah berbukit dan lansekap medan yang tidak rata.

Namun Excavtor jenis ini agak lambat pergerakannya dibanding excavator lainnya, crawler memiliki keseimbangan yang lebih saat bermanuver, fleksibilitas, dan stabilitas yang lebih besar secara keseluruhan.

Excavator Dragline

Excavator dragline adalah excavator yang lebih besar yang beroperasi dengan proses yang berbeda. Peralatan menggunakan sistem tali crust yang menempel pada bucket melalui crust coupler. Sisi lain dari bucket ditempelkan di dragline yang berjalan dari bucket ke cabin.

Tali crust mengangkat dan menurunkan bucket, sementara dragline menarik bucket ke arah pengemudi. Karena beratnya, draglines sering dirakit di plan atau di lokasi proyek. Sistem unik dari jenis excavator ini umumnya digunakan dalam proyek-proyek teknik sipil skala besar seperti pembangunan kanal.

Excavator Hisap

Excavator jenis ini Juga dikenal sebagai excavator vakum, excavator ini memiliki pipa hisap yang mampu menghisap dan mengumpulkan tenaga hingga 400 tenaga kuda yang dihasilkan dari udara.

Pipa, yang berisi gigi tajam di tepinya, kemudian menciptakan ruang hampa yang membawa tanah dan puing-puing hingga 200 mil per jam. Excavator hisap sangat ideal untuk aplikasi bawah tanah yang halus, karena dapat mengurangi kemungkinan kerusakan lebih dari 50 persen.

Skid Steer / Skid Steering Excavator

Tidak seperti excavator standar, kemudi selip memiliki boom dan bucket yang menghadap jauh dari pengemudi. Excavator jenis ini lebih efektif biasanya digunakan pada proyek yang memiliki medan sempit, yang membutuhkan maneuver putaran di daerah sempit dan rumit

Excavator ini sering digunakan untuk menggali kolam renang, pbucketsihan siteplan, Proyek wilayah perumahan, dan pbucketsihan puing-puing, di mana wilayah ini memiliki ruang lebih terbatas.

Long Range Excavator

Seperti namanya, excaavator jangkauan panjang memiliki lengan / boom yang lebih panjang. Desain memungkinkan operasi yang lebih baik di lokasi yang sulit dijangkau. Lengan excavator yang dapat diperpanjang dapat mencapai lebih dari 100 kaki secara horizontal.
Ekskavator ini paling baik digunakan untuk proyek pembongkaran seperti crumpling struktural dan meruntuhkan dinding dan aplikasi yang berada di atas badan air. kelengkapan yang berbeda dapat ditempelkan ke lengan untuk melakukan pekerjaan tambahan seperti geser, menghancurkan, dan memotong.

Excavator Mini

Dalam beberapa tahun terakhir, lebih banyak kontraktor menggunakan excavator mini, versi excavator standar yang lebih kecil dan lebih ringan yang mampu meminimalkan kerusakan tanah dan pas melalui Siteplan yang ramai dan sempit seperti tempat parkir dan ruang dalam ruangan. Juga dikenal sebagai compact excavator, excavator mini biasanya menggabungkan berkurang ekor-ayunan atau nol-ekor-ayunan untuk meningkatkan belokan yang lebih ketat dan menghindari kontak dengan hambatan apapun.

Meskipun ada banyak jenis excavator, fungsi dan tugasnya hampir serupa. Kemampuannya dalam mengangkat dan menggali membuat mereka menjadi pokok di hampir semua lokasi konstruksi. Mengingat harga beli yang relative mahal, maka Bagi sebagian besar perusahaan menyewa adalah cara yang paling tepat untuk menghemat biaya.

Perbedaan Antara Excavator dan Digger Backhoes

Backhoes, juga dikenal sebagai penggali, adalah perlengkapan umum untuk lokasi konstruksi tetapi sering bingung memilih antara backhoe dengan excavator. Sementara keduanya memiliki kemampuan yang berbeda spesifikasi, menggali dan mengangkat, backhoes dan excavator berbeda dalam ukuran, berat, dan fungsionalitas.
Excavator umumnya peralatan besar dengan berat hingga 200.000 pon. Desain bucket dan boom memungkinkan untuk melakukan maneuver memutar 360 derajat penuh.

Backhoe, umumnya memiliki ukuran jauh lebih kecil dan relative memiliki banyak kesamaan pada penampilan dengan traktor. Dari sisi Desainnya backhoe hanya bisa berputar 200 derajat dari sisi ke sisi. Desain bucket depan dan belakang dapat menggali bahan, memuat limbah, dan menyeret puing-puing ke arah kendaraan. Untuk pekerjaan ringan dan menengah, Menyewa backhoe adalah pilihan yang terbaik, karena alat ini merupakan alat serbaguna.

Bagian – bagian Penting Pada  Excavator

Desain excavator memungkinkan peralatan konstruksi ini digunakan untuk banyak tujuan serbaguna. Silinder hidrolik, boom, lengan, dan kelengkapan lainya memiliki fungsi masing – masing, seperti penggalian dan penahanan, sementara Ruang kontrol pengemudi untuk mengarahkan excavator. Platform dan roda berputar meningkatkan mobilitas yang diperlukan untuk mengangkat dan membersihkan puing-puing dari lokasi kerja.

Excavator memiliki berbagai kelengkapan hidrolik yang memiliki fungsi yang berbeda. Selain bucket, kelengkapan umum lainnya termasuk auger, breaker, grapple, auger, lamp, dan quick coupler. Dan sebagainya.

  • Bucket

adalah kelengkapan yang paling umum terlihat pada excavator. Kelengkapan yang terbuat dari baja ini memiliki tepi seperti gigi yang dapat meningkatkan kemampuan menggali dan meraup. Bucket terdiri dari beberapa macam dan jenis dengan berbagai fungsi berbeda. Yang paling umum adalah Ripper bucket yang dirancang untuk mengangkat batu dan bucket parit, yang digunakan untuk menggali parit.

  • Auger

Auger adalah kelengkapan yang memungkinkan Anda untuk masuk ke tanah. Didukung oleh sirkuit hidrolik, kelengkapan heliks ini memiliki kemampuan untuk mencapai objek dan mengebor lubang dalam. Augers memiliki spesifikasi dan ukuran yang berbeda untuk berbagai kondisi penggalian dan medan – mereka berkisar dari 4 inci hingga 50 inci panjangnya dan dapat menggali hingga 32 kaki.

  • Breaker

Breaker mirip dengan jackhammers tetapi ukurannya jauh lebih besar. Dengan kemampuan untuk menyuplay hingga 1000 pon energi, kelengkapan ini digunakan untuk bekerja pada permukaan yang lebih keras seperti batu dan beton.

  • Jepit Klem

memungkinkan operator excavator untuk mengambil bahan besar seperti tunggul pohon dan beton yang terlalu besar untuk bucket. Kelengkapan alat ini dapat digunakan untuk menggantikan bucket atau sebagai alat pemotong. Klem mudah dipasang dan di lepas secara bergantian dengan kelengkapan lainya dari excavator.

  • Coupler

Couplers memungkinkan Anda untuk dengan cepat beralih antara alat dan kelengkapan tanpa kru. Ini berguna ketika Anda bergerak di antara tugas dan proses yang berbeda di siteplan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *